Ambon (21/7), Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon berkesempatan menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja Peter M. Christian, Presiden Federasi Mikronesia. Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura dan Rektor Unpatti. Rombongan tiba di BPBL Ambon dan diterima langsung oleh Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon, Tinggal Hermawan. Tinggal mengatakan bahwa peran aktif BPBL Ambon dituangkan dalam beberapa program prioritas yang digulirkan kepada masyarakat khususnya masyarakat di Maluku antara lain program bantuan benih ikan.

Saat ini progress bantuan benih telah tercapai 50% dari target kinerja yang telah ditetapkan, penyebaran meliputi beberapa Kabupaten di Maluku dan Sulawesi. Perkembangan kegiatan budidaya semakin berkembang, sentuhan teknologi sangat diperlukan guna menunjang ketersediaan pasokan benih dalam menopang keberlanjutan kegiatan budidaya.

Presiden Peter M. Christian beserta rombongan berkesempatan meninjau unit produksi BPBL Ambon, diantaranya area bak pemeliharaan induk ikan konsumsi, hatchery resirkulasi benih ikan konsumsi, hatchery produksi benih ikan hias laut serta laboratorium kultur jaringan rumput laut. Perkembangan budidaya laut di Maluku yang semakin berkembang memunculkan wacana pengembangan budidaya laut di Mikronesia, Peter mengatakan saat ini perikanan di Mikronesia didominasi oleh kegiatan penangkapan. Kedepan Mikronesia mampu memiliki fasilitas produksi budidaya yang cukup baik, didukung dengan SDM yang memadai, tambahnya.

Tinggal Hermawan mengatakan bahwa BPBL Ambon senantiasa berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat tentunya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap komoditas ikan budidaya, dimana hal ini berpengaruh langsung pada tingkat kesejahteraan masyarakat, tandasnya.  

Di akhir kunjungannya, Presiden Federasi Micronesia membubuhkan pesan untuk selalu menjaga kelestarian laut dan mengapresiasi Balai atas keberhasilannya dalam melaksanakan produksi benih untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Dan mengakhiri kunjungan di Balai dengan berfoto bersama dengan pimpinan Balai dan pejabat teras Provinsi Maluku.