Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menghadiri seminar nasional bertema Pengembangan SDM bagi Sektor Kelautan dan Perikanan di Maluku yang bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (22/9). Seminar tersebut merupakan pra acara Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diadakan pada Februari 2017 mendatang.

Pada gelaran acara HPN 2017, Provinsi Maluku terpilih sebagai tuan rumah. Maluku juga mencanangkan provinsinya untuk menjadi lumbung ikan nasional. Hal tersebut didukung penuh oleh Menteri Susi yang menyadari tingginya potensi maritim Maluku.

Terkait Maluku sebagai lumbung ikan nasional, Menteri Susi mengungkapkan bahwa dirinya akan merundingkannya lebih lanjut dengan Presiden perihal hal tersebut.

“Untuk Maluku sebagai lumbung ikan nasional, saya akan rundingkan lagi dengan Pak Presiden. Maluku adalah pemasok dari jumlah ikan nasional,” ujar Menteri Susi.

Lebih lanjut Menteri Susi menambahkan, sangat diperlukan akses ke Timur Indonesia untuk memperlancar sektor kelautan dan perikanan, terutama jika untuk ekspor.

“Kita ingin membangun betul-betul Provinsi Maluku ini menjadi pusat maritim bidang perikanan. Keterbukaan wilayah Timur sangat penting. Saya harapkan Garuda bisa menjadi pendukung utama.
Untuk pembangunan Maluku, satu-satynya yang harus dilakukan adalah direct gateway timur. Setelah itu pembangunan mudah, investor datang,” ujar Menteri Susi.

Mengenai potensi laut Maluku yang luar biasa dan dapat menjadi lumbung ikan nasional, Menteri Susi mendukung pembangunan Maluku yang akan menjadikan Maluku sebagai sumber perikanan nasional.

“Saya mendukung pembangunan Maluku sebagai sumber perikanan nasional. Itu pasti,” ujar Menteri Susi.

Selain Menteri Susi, turut hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut yaitu Menristek DIKTI M. Nasir dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua dengan moderator Wahyu Muryadi dari Tempo TV.

HPN 2017 akan digelar di Ambon, Provinsi Maluku dengan tema Pers dan Maluku Bangkit dari Laut. Tema tersebut diharapkan dapat mendukung Provinsi Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

Sumber : KKPNews,