Potensi pengembangan budidaya ikan hias di Indonesia sangat besar. Namun selama ini pembudidaya lebih banyak melakukan kegiatan usaha pembesaran ataupun pembenihan ikan konsumsi. Padahal potensi usaha budidaya ikan hias juga sangat menjanjikan untuk dapat dikembangkan.

Perkembangan produksi budidaya ikan hias Indonesia selama tahun 2009-2012 cenderung meningkat dari sebesar 566 juta ekor pada 2009 menjadi 978 juta ekor pada 2012 atau mengalami peningkatan rata-rata sebesar 18,9% per tahun. Dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan sampai dengan tahun 2011 Indonesia baru menguasai 6,95% perdagangan ikan hias dunia atau menduduki ranking ke-5 setelah Rep. Ceko, Thailand, Jepang dan Singapura

Budidaya ikan hias kini mampu memberikan penghidupan yang layak bagi pelakunya. Saat ini ikan hias air tawar yang telah berkembang dan banyak diusahakan dengan pembudidayaan. Bahkan beberapa diantara ikan hias yang langka dan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi telah dapat dilakukan proses pembudidayaan dan pembenihannya. Namun saat ini budidaya ikan hias air laut belum begitu berkembang.

Ketersedian produksi ikan hias laut di Indonesia selama ini sebagian besar dari hasil penangakapan,  sedangkan produksi hasil budidaya masih sangat kecil, sehingga apabila hal ini tidak dikelola dengan benar dan tepat maka kemungkinan besar ikan hias laut akan mengakibatkan penurunan populasi ikan hias di laut dan mengancam kelestarian sumber itu sendiri, Namun apabila potensi ikan hias ini di tangani secara serius akan mampu berbicara banyak di pasar Internasional dan akan mendorong Indonesia menjadi eksportir terbesar di dunia mengungguli Singapura.

Menyikapi hal tersebut Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon sebagai UPT Pusat Direktorat Jenderal  Perikanan Budidaya  di Wilayah Timur Indonesia yang  mempunyai tugas pokok dan fungsi yang diantaranya yaitu melaksanakan teknik perbenihan dan pembudidayaan ikan laut serta pelestarian sumber daya induk/ benih dan lingkungan, mulai  tahun 2009 secara bertahap berupaya mengembangkan budidaya ikan hias air laut, diantaranya Banggai Cardinal Fish (Pterapagon kauderni), Betok Ambon (Chrysiptera cyanea), Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus), Ikan Clown (Amphiprion sp), Yellow Damselfish (Pamacentrus amboinensis), Angel Piyama (Euxiphipops navarchus), Blue Tang (Paracanthurus hepatus), Red Banded Shrimp (Stenopus hispidus) dan lain-lain.

 

Lebih lengkap dapat dilihat disini