JEPARA (5/9) – Perikanan budidaya menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam menyokong pertumbuhan perikanan nasional. Oleh karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menaruh perhatian khusus untuk mendorong pertumbuhan perikanan budidaya di Indonesia.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyempatkan diri meninjau Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara dan melakukan panen udang windu hasil budidaya dan menyaksikan proses restocking udang windu.

“Keberhasilan panen udang windu ini tidak lepas dari kerja sama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jepara dan Balai Budidaya Perikanan Air Payau di Jepara ya Pak”, imbuh Susi saat melakukan peninjauan ke BBPBAP Jepara, Senin (5/9).

Dalam kesempatan tersebut, Susi melakukan panen udang windu di sejumlah tambak udang yang berada di BBPBAP Jepara. Setelah itu, Susi meninjau lokasi produksi benih rajungan dan kepiting. Setelah panen udang Windu, Susi melanjutkan perjalanan ke tempat pembuatan pakan ikan dan udang, kemudian mengamati proses pembuatan pakan tersebut dan kemudian menebarkan benih rajungan dan udang (restocking) ke laut.

Sebelumnya, di hari yang sama, Susi menghadiri acara temu wicara dengan warga Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Dalam temu wicara tersebut, Ia memberikan beberapa bantuan di sektor budidaya secara simbolis. Adapun bentuk bantuan yang diberikan kepada Kabupaten Jepara adalah 10 juta ekor benih udang Vaname, 5 ton bibit rumput laut kultur jaringan, pakan alami arthemia senilai Rp. 46 juta, pakan mandiri untuk BBPAP Jepara sebanyak 5 ton serta 515 roll geomembran senilai Rp. 1,3 miliar yang akan diberikan kepada Koperasi Mina Barokah dan KUD Dwi Karyo Mina Kabupaten Jepara.

KKP juga memberikan bantuan pendidikan bagi 13 peserta didik asal Jepara di Satuan Pendidikan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp.183 juta, bantuan kepada Pendampingan Penyuluhan Perikanan di Kabupaten Jepara oleh 26 orang Penyuluh Perikanan sebesar Rp. 383juta.

Selain itu, KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya juga memberikan bantuan ke beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah. Bantuan tersebut, yakni berupa 10 juta ekor benih udang windu untuk Kabupaten Cilacap,  500ribu benih Ikan bandeng untuk Kabupaten Rembang, 1 juta benih Nila Salin dan 500ribu benih udang Galah untuk Kabupaten Pati.

Selain itu, KKP juga memberikan bantuan sarana dan prasarana produksi perikanan budidaya untuk Kabupaten Kendal senilai Rp. 220 juta, Rp 110 juta untuk Kabupaten Blora dan Rp 330 juta untuk Kabupaten Pati. Sementara bantuan untuk pengelolaan irigasi tambak partisipatif diberikan senilai Rp 440 juta untuk Kabupaten Pati, Rp 400 juta untuk Kabupaten Demak dan Rp 440 juta untuk Kabupaten Kendal.

Diharapkan dengan diberikannya bantuan tersebut dapat menggerakkan roda pertumbuhan produksi perikanan budidaya di Kabupaten Jepara dan beberapa wilayah di Provinsi Jawa Tengah serta mendorong partisipasi aktif masyarakat kelautan dan perikanan.

 

Sumber : kkp.go.id