Belitung – Demi suksesnya acara Festival Bahari Belitung 2016 yang akan diselenggakan pada bulan Oktober mendatang, Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui unit kerja Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) mengadakan kunjungan ke lokasi puncak acara.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris DEKIN Aryo Hanggono bersama Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), IPTEK dan Budaya Maritim (Deputi IV) Kemenko Maritim Safri Burhanudin meninjau lokasi tersebut di Pantai Juru Sebrang, Belitung beberapa waktu lalu.

Sekretaris DEKIN dan Deputi IV yang didampingi oleh Bupati Belitung Sahani Saleh beserta segenap jajarannya tersebut memberikan arahan terkait persiapan penyelenggaran Festival Bahari Belitung.

Festival Bahari Belitung 2016 merupakan kegiatan promosi pariwisata bahari yang diselenggarakan Kabupaten Belitung sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka penyelenggaraan Sail Selat Karimata 2016 yang puncak acaranya akan dilaksanakan di Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat pada 15 Oktober 2016.

Untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, Pemkab Belitung telah menyiapkan beberapa agenda, antara lain: Lomba Memancing, Lomba Lukis, Lomba Fotografi Bawah Air dan Atas Air, Lomba Memasak sea food dengan menghadirkan chef terkenal sebagai juri, dan Lomba Balap Perahu Tradisional (Sandek) vs kapal yacht.

Khusus untuk lomba memasak seafood, Bupati Belitung juga mengatakan akan mendatangkan chef terkenal Farah Queen sebagai jurinya. “Kami nanti akan mendatangkan Farah Queen sebagai jurinya, biar pesertanya tambah semangat” tegasnya.

Untuk lomba fotografi, Bupati Belitung memberikan keleluasaan bagi para peserta untuk membawa model dan memilih spot sendiri, sehingga hasilnya optimal dan peserta puas.

“Yang penting di wilayah Kabupaten Belitung, kan banyak tempat-tempat yang bagus, ada Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Juru Sebrang, Pulau Lengkuas, silakan pilih sendiri,” tambahnya.

Kabupaten Belitung memang memiliki potensi pariwisata bahari yang luar biasa. Pantai-pantai dengan pemandangan yang eksostis mampu menyihir para pengunjungnya, untuk kembali lagi berkunjung ke Belitung jika sudah pernah kesana. Tidak dipungkiri nama Belitung terangkat setelah Belitung menjadi lokasi syuting film “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata.

Sejak saat itu, Belitung mulai ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun asing. Selain objek wisata pantai, Belitung sebenarnya juga memiliki wisata sejarah bahari, terutama yang terkait Benda Muatan Kapal Tenggelam (BMKT). Konon, kapal tentara dari kerajaan Mongol sempat singgah di Kabupaten Belitung sebelum penyerbuannya ke Jawa. Di situ banyak artefak peninggalan tentara kerajaan Mongol.

Melihat potensi pariwisata yang begitu besar tersebut, Pemerintah Kabupaten Belitung berupaya keras untuk mengubah mindset masyarakat agar tidak lagi menggantungkan pertambangan timah sebagai sumber pendapatan asli daerah, tetapi pariwisata, terutama pariwisata bahari.

Salah satu upaya pemkab tersebut adalah melalui penyelenggaraan Festival Bahari Belitung 2016. Sebagai langkah nyata untuk persiapannya, adalah dengan membangun infrastruktur seperti pelebaran jalan, pembangunan marina, dan kantor pelayanan satu atap untuk para yachter yang datang ke Belitung.

 

Sumber : kkpnews.kkp.go.id